Apa Penyebab Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya dgn Bahan Alami sampai Reda dan Sembuh

Loading...
loading...
Saat sedang sakit tenggorokan apalagi sampai suara menjadi benar-benar hilang, tentu saja bisa membuat semua urusan menjadi terbengkalai dan merepotkan penderita. Semua aktivitas dan urusan menjadi tidak terurus sebab kondisi tubuh dan suara yang tidak prima. Laringitis atau suara yang menjadi serak bahkan hilang terjadi karena adanya iritasi atau inflamasi di area pita suara dan semua itu muncul karena Penyebab Radang Tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh pita suara yang bengkak dan meradang sehingga suara menjadi hilang. Bahkan penyakit ini tergolong menular dan seringkali menyerang anak mulai dari umur 2 hingga 5 tahun. Tidak sedikit juga orang dewasa yang mengalami sakit tenggorokan.

Penularannya pun cukup mudah mulai dari benda atau makanan yang terkontaminasi virus atau bakteri, penularan melalui udara dan saluran pernafasan sehingga menjadi Penyebab Radang Tenggorokan dengan gejala nyeri tenggorokan serta sakit saat menelan. Hal ini juga disebabkan selaput lendir yang menutupi faring mengalami peradangan sehingga tertutup selaput berwarna keputihan. Umumnya, memang dikarenakan serangan virus. Untuk orang yang sering menggunakan suara seperti bernyanyi, berteriak dan lain sebagainya, akan beresiko tinggi terkena sakit tenggorokan.

Apa Saja Penyebab Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya dgn Bahan Alami sampai Reda dan Sembuh
Penyebab Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya dgn Bahan Alami sampai Reda dan Sembuh

Penyebab Radang Tenggorokan dari berbagai sumber disebutkan bahwa 80% adalah karena virus dan biasanya penderita akan mengalami demam. Tidak hanya itu, radang tenggorokan juga bisa muncul jika penderita sedang batuk atau pilek. Batuk dan lendir yakni ingus akan membuat tenggorokan teriritasi dengan mudah. Penyebab lainnya adalah virus coxsacie seperti penyakit pada tangan, mulut dan kaki.

Tidak hanya itu, ada juga alergi yang menimbulkan iritasi tenggorokan sehingga bersifat kronis. Penderita tenggorokan yang sakit juga bisa dikarenakan adanya serangan bakteri streptokokus sebagai Penyebab Radang Tenggorokan. Untuk mengetahui penyebabnya adalah bakteri tersebut, bisa dipastikan dengan Kultur tenggorok yakni sebuah tes di laboratorium dengan menggunakan hasil usap tenggorok pasien. Bakteri tersebut seringkali memberikan gejala yang klasik seperti penderita merasa nyeri saat menelan, terdapat bintik-bintik putih, bernanah di kelenjar amandel, kelenjar amandel juga membesar dan muntah-muntah. Penyebab lainnya adalah penderita merupakan perokok aktif.

Tentu saja, sakit tenggorokan yang muncul disertai berbagai gejala seperti tenggorokan terasa sakit, amandel berwarna merah dan membengkak. Bahkan, kadang amandel disertai bercak putih dan lapisan nanah. Penderita juga bisa mengalami bintik-bintik merah kecil pada bagian belakang atap mulut. Dengan gejala tersebut, penderita akan kesulitan menelan makanan, minuman bahkan air liur. Gejala lainnya adalah kelenjar getah bening di leher menjadi bengkak. Penderita juga mengalami demam tinggi bahkan lebih dari 38 derajat celcius disertai sakit kepala dan ruam. Sakit kepala, nyeri atau bengkak pada sendi dan perut terasa sakit disertai muntah adalah gejala lain pada sakit tenggorokan. Gejala-gejala tersebut akan muncul ketika bakteri atau virus sebagai Penyebab Radang Tenggorokan sudah mulai menyerang dan berkembang dalam tenggorokan.

Untuk mengatasinya, perlu diketahui terlebih dahulu apa Penyebab Radang Tenggorokan tersebut, apalagi jika penderita menginginkan bantuan medis. Penderita akan diberikan obat antibiotik oleh dokter melalui resep jika memang berdasarkan hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa penyebab radang tenggorokan adalah bakteri. Tetapi, antibiotik tidak dianjurkan jika radang yang muncul disebabkan oleh virus, sebab virus jahat akan semakin kebal dengan antibiotik dan akan semakin susah sembuh. Jika disebabkan oleh virus, maka penderita biasanya akan diberikan obat yang ditujukan untuk mengurangi gejala yang dikeluhkan, bukan membasmi virusnya. Virus yang menyebabkan radang tenggorokan biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh.

Berbeda jika Penyebab Radang Tenggorokan adalah naiknya asam lambung yang mencapai hingga tenggorokan atau dikarenakan panas dalam. Obatnya pun akan berbeda lagi. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui terlebih dahulu apa kira-kira penyebab dari radang tenggorokan yang muncul. Dengan begitu, bisa diketahui pula obat yang tepat dan penanganannya secara medis.
Baca juga: Tanda2 Ciri Ciri Kanker Tenggorokan Dan Cara Mencegahnya

Tips Cara Mengatasi sampai Sembuh

Tetapi, jika dengan cara alami, maka apapun Penyebab Radang Tenggorokan bisa mencoba cara berikut:
1. Gunakan larutan air garam
Banyak penelitian yang dihasilkan oleh ahli medis menyatakan bahwa air garam bekerja sangat efektif untuk mengatasi peradangan yang ada pada tenggorokan. Biasanya, dokter juga menganjurkan cara ini sebagai pertolongan pertama saat tenggorokan terasa sakit.

Caranya terbilang mudah. Penderita hanya melarutkan 1 sendok teh garam dengan air hangat dan aduk sampai rata hingga menjadi larutan garam. Larutan ini bisa dijadikan obat kumur. Saat digunakan, pastikan kepala penderita menengadah keatas. Tidak masalah jika larutan tersebut tertelan tetapi perlu diusahakan agar tetap dalam mulut dan berkumur selama 20 hingga 60 detik.

2. Buat jus belimbing
Cara lain yang juga umum adalah menggunakan jus belimbing. Belimbing sangat berkhasiat untuk mengatasi radang tenggorokan karena kandungan anti peradangan didalamnya yang sangat bermanfaat.

Caranya:
Haluskan belimbing dengan blender untuk dibuat jus dan campurkan dengan air. Konsumsi jus ini sebanyak 3 kali sehari.

3. Sup ayam
Sakit tenggorokan membuat penderitanya akan merasa kehilangan selera makan, nyeri saat menelan dan lainya. Maka dari itu, makanan yang tepat adalah sup ayam hangat. Sup ayam hangat memiliki kandungan kaldu yang bekerja sebagai anti inflamasi dengan natrium yang tinggi sehingga dapat meringankan peradangan yang ada pada tenggorokan.

4. Minum jahe, madu dan lemon
Campuran jahe, madu dan lemon sangat cocok untuk dijadikan obat alami guna mengatasi radang tenggorokan. Madu adalah antibakteri alami, lemon dapat mengatasi radang tenggorokan dan jahe sangat membantu mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

5. Hindari apapun yang bersifat terlalu dingin dan asam
Minuman yang terlalu dingin dan asam sudah pasti hanya akan memperburuk radang tenggorokan anda sebab tidak akan meringankan iritasi atau peradangan di tenggorokan. Untuk itu, disarankan mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat-hangat terlebih dahulu supaya tenggorokan tidak tambah sakit.

6. Hindari asap dan debu
Jika terjadi kontaminasi secara langsung dengan asap dan debu, radang tenggorokan menjadi semakin parah karena iritasi tidak kunjung sembuh dan terus berlanjut. Untuk perokok aktif, dianjurkan untuk tidak merokok terlebih dahulu.

7. Perbanyak asupan vitamin C
Asupan vitamin C sangatlah bermanfaat untuk tubuh. Bahkan, vitamin C sangat membantu untuk membasmi bakteri atau virus Penyebab Radang Tenggorokan. Hal ini disebabkan vitamin C dengan cepat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Saat stamina perlahan membaik, maka tubuh dengan mudah mengusir virus atau bakteri. Vitamin C tidak bisa diproduksi oleh tubuh, tetapi bisa ditemukan dalam berbagai buah dan sayur. Maka dari itu, penderita disarankan memperbanyak makan buah-buahan dan sauran.

8. Kunyah cengkeh
Jika penderita ingin segera lekas sembuh dengan cara apapun, mengunyah cengkeh bisa menjadi pilihan berikutnya. Cengkeh yang dikunyah secara rutin berkhasiat mencegah iritasi berlanjut pada tenggorokan. Walaupun akan memberikan sensasi panas di awal, selanjutnya tenggorokan akan terasa membaik.

Itulah penjelasan mendalam tentang Penyebab Radang Tenggorokan dan cara mengatasinya. Sekian saja dulu Tenggorokan.COM Semoga membantu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon