Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur dan Susah Menelan Air Liur ,Makanan Dan Minuman

Loading...
loading...
Pada dasarnya banyak sekali penyebab tenggorokan sakit mulai dari makanan yang dikonsumsi, sakit tenggorokan sebagai gejala sebuah penyakit, hingga kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat mengakibatkan tubuh menjadi rentan akan bakteri dan virus termasuk bakteri dan virus penyebab sakit tenggorokan.

Berbagai penyebab sakit tenggorokan tentu bisa dihindari jika saja sejak awal kita sudah mengetahui dan menjadi lebih berhati-hati untuk menghindarinya sehingga dapat terbebas dari sakit tenggorokan yang mengganggu kegiatan sehari-hari.

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur dan Susah Menelan Air Liur ,Makanan Dan Minuman

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur dan Susah Menelan Air Liur ,Makanan Dan Minuman
Dalam pembahasan ini kita akan membagi faktor penyebab tenggorokan sakit berdasarkan sumbernya baik dari asupan makanan ataupun pola hidup yang buruk.

Penyebab Sakit Tenggorokan Dari Makanan dan Minuman

Cukup banyak makanan dan minuman Penyebab Tenggorokan Sakit yang seringkali tidak kita perhatikan. Beberapa diantaranya adalah:


1. Makanan
Berbagai makanan pedas yang mengandung cabai, pala, lada, cengkeh, dan rempah-rempah bercita rasa pedas lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering apabila hendak menghindarkan diri dari sakit tenggorokan. Terlebih ketika seseorang sedang mengalami sakit tenggorokan, maka sebaiknya total dihentikan sementara waktu mengonsumsi makanan pedas.

Rasa pedas yang timbul dari makanan yang dikonsumsi akan memicu rasa sakit dan peradangan yang lebih parah. Bagaikan menggosok cabai pada luka, maka begitu pula reaksi tenggorokan yang tengah sakit ketika mengonsumsi makanan pedas. Oleh karena itulah segala makanan yang bercita rasa pedas sebaiknya tidak terlalu dikonsumsi secara berlebihan karena merupakan salah satu penyebab tenggorokan sakit saat menelan ludah.


2. Asam Buatan
Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur adalah sam buatan . Pelu diketahui bahwa Selain makanan bercita rasa pedas, penyebab tenggorokan sakit dan susah menelan lainnya diantaranya adalah makanan bercita rasa asam, terutama asam buatan. Makanan yang mengandung cuka, misalnya, sebaiknya selama mengalami sakit tenggrokan dijauhi dulu agar segera sembuh.


3. Makanan Kering
Sejatinya, tubuh manusia sehari-hari perlu mengonsumsi banyak air agar menjaga aliran darah dan oksigen di dalam tubuh. Terlebih ketika mengalami sakit tenggorokan, maka sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih atau makanan yang mengandung banyak air di dalamnya seperti buah-buahan.

Oleh karena itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan kering seperti roti dan gorengan mengakibatkan tenggorokan yang sakit semakin terasa kering dan tentu saja menambah parah sakit tenggoorokan yang dirasa. Lebih seringlah konsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung air seperti melon, bengkuang atau mentimun.


4. Kafein
Kafein selain berakibat negatif bagi yang memiliki asma dan maag, juga berakibat buruk pada yang mengalami sakit tenggorokan. Oleh karena itu, selama dalam masa pengobatan sakit tenggorokan sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi.


5. Rokok
Sudah jelas rokok merupakan salah satu penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur yang paling utama. Kandungan-kandungan zat yang bersifat negatif seperti tar dan nikotin di dalam rokok sangat mudah mengakibatkan batuk, gangguan paru-paru hingga penyakit jantung dan kanker, termasuk kanker tenggorokan. Tidak hanya sekadar rasa sakit, bahkan jika sudah terindikasi lebih lanjut, rokok bisa sampai menghilangkan suara seseorang secara permanen.


6. Alkohol
Sebagaimana rokok, minuman beralkohol pun termasuk yang paling berbahaya bagi tubuh. Berbagai penelitian medis menyatakan bahwa alkohol sangat berbahaya tidak hanya untuk keseimbangan otak dan tubuh, namun juga kepada tenggorokan. Contoh kecilnya mungkin rasa sakit di tenggorokan, namun untuk akibat lebih jauhnya tentu saja bisa lebih buruk daripada rokok karena rasa panas yang ditimbulkannya tidak mampu ditahan oleh tubuh.

Penyebab Sakit Tenggorokan Sebagai Gejala Penyakit Lainnya

Selain karena faktor makanan, sakit tenggorokan pun bisa jadi adalah sebagai gejala dari penyakit lainnya. Jika anda bertanya sering sakit tenggorokan gejala penyakit apa ? maka ini adalah jawaban yang tepat untuk anda yuk kita amati :

1. Flu
Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur adalah Flu atau gejala Flu . Sudah menjadi rahasia umum bahwa sakit tenggorokan yang dialami seseorang bisa jadi adalah sebuah gejala akan terjadinya serangan flu pada orang tersebut. Selain rasa kering saat menelan serta diiringi rasa panas dalam, gejala sakit tenggorokan karena flu lainnya biasanya disertai dengan pusing dan demam serta hidung meler atau batuk pada hari berikutnya. Flu memang penyakit umum yang sama sekali tidak berbahaya, namun tetap harus diobati diantaranya dengan meminum air putih yang banyak, istirahat yang cukup atau disertai minum obat jika perlu.

2. Radang Tenggorokan
Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh adanya peradangan pada tenggorokan umumnya lebih kepada rasa pedih, kering, hingga sakit pada bagian dalam tenggorokan sebagaimana seseorang merasakan adanya luka. Radang tenggorokan bisa terjadi akibat adanya bakteri maupun virus yang masuk ke dalam tubuh.

Meskipun tergolong penyakit ringan, namun radang tenggorokan cenderung merupakan tanda bahwa imunitas seseorang sedang melemah. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen dan vitamin C sangat disarankan. Selain untuk segera memulihkan radang pada tenggorokan, hal ini juga dimaksudkan untuk membangun kembali imunitas agar tubuh tidak mudah terserang penyakit untuk ke depannya.

Diantara obat-obatan herbal yang bisa dikonsumsi sebagai pengobatan alami radang tenggorokan dan menambah daya tahan tubuh diantaranya adalah madu dan teh hijau. Kandungan manfaat dalam madu jelas baik secara ilmiah maupun empiris telah mampu membuktikan keunggulannya sebagai penjaga daya tahan tubuh, sedangkan teh hijau yang sering dijuluki mighty tea ini pun merupakan pilihan yang tepat sebagai teman kesehatan sehari-hari terutama bagi wanita, karena selain sebagai obat radang tenggorokan alami, baik untuk daya tahan tubuh, juga merupakan ramuan juara untuk menjaga tubuh bagi yang sedang menjalankan proses diet.
Konsumsilah madu dan teh hijau secara rutin setiap hari, maka selain akan terhindar dari radang tenggorokan, tubuh pun akan terasa sehat dan bugar, tentu saja dengan diiringi penjagaan kesehatan lainnya seperti olah raga teratur.

3. Amandel
Pembengkan yang terjadi pada tonsil seseorang atau yang dikenal sebagai penyakit amandel juga ditandai dengan sakit tenggorokan. Meskipun gejalanya mirip dengan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh radang, rasa sakit tenggorokan yang terjadi akibat amandel ini biasanya dapat lebih mudah dideteksi dengan membuka mulut pasien lebar-lebar dan memeriksa pembengkakannya secara langsung pada ujung rongga mulutnya.
Selain pembengkakan yang jelas terlihat, adanya titik-titik putih atau warna kemerahan pada tonsil juga merupakan salah satu gejala radang tonsil. Selain itu rasa sakit tenggorokan yang diakibatkan penyakit amandel biasanya ditandai lebih kepada rasa panas pada tenggorokan.

Umumnya ada tiga proses pengobatan amandel yang dilakukan, yakni cukup dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan amandel membengkak seperti mengonsumsi minuman dingin dan msg berlebihan, maka amandel akan kembali normal—tidak mengalami pembengkakan dengan sendirinya, pemberian obat, serta cara terakhir yakni tindakan operasi. Operasi radang tonsil termasuk operasi kecil yang biasa dilakukan untuk banyak orang dengan mengangkat bagian-bagian tertentu pada tonsil yang membengkak. Namun meskipun sudah dilakukan pembuangan akar masalah, tetap saja pembengkakan tonsil sebagai Penyebab Tenggorokan Sakit ini bisa saja kembali berulang jika pasien tidak menjaga diri baik-baik dari hal-hal yang menimbulkan pembengkakan kembali.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon