Gejala, Penyebab, Larangan Sakit Amandel Tidak Boleh Makan Apa

Loading...
loading...
Artikel kali ini akan membahas seputar keluhan sakit amandel, mulai dari gejala, penyebab, dan makanan yang dilarang saat amandel. Setiap orang pastinya memiliki amandel, dimana amandel tersebut terletak disebalah kiri dan kanan belakang rongga mulut. Sebenarnya amandel itu tidak berbahaya melainkan memiliki manfaat bagi tubuh manusia yaitu untuk menyaring racun yang masuk melalui mulut dan hidung, kemudian berfungsi sebagai penghasil limfosit serta berfungsi sebgai penghasil imunoglobin A (sistem imun) dimana memiliki peran sebagai penangkal racun dan berbagai penyakit yang masuk kedalam tubuh manusia.

Gejala, Penyebab, Larangan Sakit Amandel Tidak Boleh Makan Apa

Gejala, Penyebab, Larangan Sakit Amandel Tidak Boleh Makan Apa
Sewaktu-waktu amandel akan meradang dan membengkak, hal ini bisa disebabkan oleh pola makanan yang kurang sehat. sebagian besar anak-anak terkena radang amandel, hal ini dikarenakan sistem imun pada anak-anak masih lemah, sehingga sangat rentan terkena berbagai macam penyakit mulai dari demam, panas dalam, batuk, flu, sakit perut. Dan sebagainya.

Gejala–gejala Amandel

Berikut beberpa gejala yang sering muncul saat sakit amandel pada anak-anak dan orang dewasa , diantaranya :

1. Amandel membengkak
Jika terjadi peradangan pada amandel kondisi amandel akan membengkak dan berwarna merah dan terdapat bercak bercak putih agak kekuningan pada amandel.berarti itu menandakan amandel anda terkena infeksi dan virus.

2. Demam
karena amandel tidak menunjukan fungsinya dengan baik diakibatkan oleh peradangan. Sehingga virus dengan mudah masuk kedalam tubuh dan tubuh rentan terkenan demam.

3. Nyeri Tenggorokan
Nyeri tenggorokan akan muncul pada saat kondisi amandel mulai membengkak. Selain tenggorokan, lidah, hidung, telinga pun ikutan sakit.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening
Jika ada salah satu sistem yang berada disekitar tenggorokan terutama amandel, maka dengan otomatis kelenjar akan membengkak. Jika saah satu sistem tersebut sudah membaik maka kelenjar tersebut dapat mengecil dengan sendirinya.

5. Sulit menelan
Akibat adanya pembengkakan amandel sehingga terjadinya penyempitan ruang yang melewati jalannya makanan dan minuman. Sehingga hal ini menyulitkan untuk menelan berbagai macam makanan dan minuman.

6. Hilangya suara
Karena adanya pembengkakan disebelah kanan dan kiri rongga mulut, sehingga ruang pernapasan, serta berbagai saluran lainnya terganggu dan mampu menyebabkan hilangnya suara untuk sementara waktu.

7. Sakit telinga
Telinga dan tenggorokan keduanya satu saluran, sehingga jika dari salah satu tersebut bermasalah maka organ yang satunya lagi akan terbawa imbasnya.

8. Sakit kepala ( pusing )
Akibat demam dan amandel yang meradang menyebakan kepala terasa sakit dan pusing. Hal ini karena tidak adanya asupan makanan sehingga tubuh terasa lemah.

9. Bau mulut yang kurang sedap
Kareana tidak adanya asupan makanan yang masuk kedalam tubuh karena sulitnya menelan makanan dan minuman, sehingga menyebabkan panas dalam dan bau mulut.

10.Susah tidur
Sakit pada bagian tenggorokan, telinga, dan sakit kepala sangat mengganggu istirahat. (lihat juga:     Gejala, Dan Penyebab Amandel Pada Anak Kecil 2 Tahun - 5 Tahun )

Penyebab Sakit Amandel

Ada beberpa faktor yang menyebabkan sakit amandel pada orang dewsa juga anak2 seperti peradangan dan pembengkakan, berikut dibawah ini beberpa penyebab peradangan amandel:

Pertama : pada hakikatnya amandel memiliki fungsi untuk menyaring racun, bakteri, dan kuman yang masuk kedalam tubuh manusia yaitu melalui mulut dan hidung. Karena amandel ini terinfeksi oleh kuman jahat yang bernama streptocococcus sehingga menyebabkan pembengkakan pada amandel anda.

Kedua yakni peradangan : asupan makanan yang buruk merupakan faktor kedua yang menyebabkan amandel terinfeksi dan mengalami peradangan. Makanan yang bisa memicu amanadel diataranya makanan yang terlalu gurih, manis, asam, pedas, makanan yang mengandung pewarna berbahaya. Selain makanan minuman juga ada yang bisa memacu pembengkakan amandel yaitu miuman dingin, minuman yang terlalu manis, dan minuman yang beralkohol.

Makanan Yang Dilarang Saat Sakit Amandel

 Sakit Amandel Tidak Boleh Makan Apa ? Sebagian orang mengalami kesulitan mengatasi radang amandel. Hal ini dikarenakan pola makanan yang tidak di kontrol dengan baik. Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa makanan yang dilarang pada saat proses penyembuhan radang amandel, sebagai berikut :

1. Makanan-Makanan Pedas
Sebagian orang mengkonsumsi makanan pedas merupakan sebuah keharusan, dan dijadikan sebagai pembangkit selera makan. Namun dibalik semua itu terdapat sisi nagatif yang bisa membahayakan kesehataan anda, sala satunya bisa memacu peradangan pada amandel anda. jadi bagi anda yang sedang mengalami radang amandel sebaiknya untuk sementara waktu yaitu selama proses penyembuhan untuk menjauhi semua jenis makanan pedas.

2. Makanan Asam
Makanan yang terlalu masam seperti halnya buah jeruk, anggur, berry serta makanana yang mengandung cuka yaitu diantaranya acar, kuah pempek, kuah mendowan, assinan, dll. semua makanan tersebut lebih cepat mengundang radang amandel serta bisa memperparah kondisi amandel anda.

3. Makanan yang mengandung Msg
Makanan yang mengandung msg atau yang memiliki rasa gurih pada makanan. Msg biasanya terdapat pada makana ringan seperti ciki dan keripik. Nah makanan yang mengandung msg ini sangat perlu di hindari bagi para penderita radang amandel.

4. Makanan berlemak
Coklat termasuk kedalam makanan yang berlemak. Mungkin sebagian orang tidak mempercayai bahwa coklat bisa memicu timbulnya radang amandel. Coklat memang terbukti bisa menstimulasi hormon serotonim atau hoormon senang dan cinta. Namun dibalik itu ada sisi negatifnya yaitu karena mempunyai efek rileks dan gembira sehingga sakit amandel sedikit terlupakan dan itu sangat berbahaya. Dan makanan berlemak lainnya yang bisa memacu timbulnya radang amandel yaitu gorengan.

 Makanan, Buah, Sayur Untuk Amandel yang baik

Itulah beberapa pantangan makanan yang harus di hindari oleh para penderita amandel. Nah sekarang yuk kita lihat dibawah ini makanan yang bisa di konsumsi saat amandel.

1. Bubur
Bubur merupakan salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan pada saat amandel. Hal ini dikarenakan amandel memiliki kesulitan menelan.

2. Bayam
Sayur bayam terbukti mampu mengatasi sakit tenggorokan, panas dan amandel.

3. Pepaya
Pepaya memiliki tekstur yang lembut sehingga memudahkan untuk di telan. Selain cocok untuk mengatasi amandel pepaya juga mammpu melancarkan pencernaan dan mengatasi panas dalam.

4. Jahe
Rasanya yang hangat, jahe sering dijadikan sebagai obat tradisioanal yang bisa menyembuhkan berbagai macam pe yakitn salah satunya amandel.

5. Perbanyak minum air putih
Air putih terbukti sangat ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit.
Jika anda memiliki amandel yang sudah kronis atau akut, jangan pernah ditunda tunda harus segera di obati. Jika anda tidak mau di obati dengan cara di operasi anda bisa menggunakan obat-obtan herbal yang terbuat dari bahan –bahan alami dan tanpa ada efek samping apapun. 

Memiliki tubuh sehat itu lebih nikmat dari segala apapun. Yu mulai sekarang kita harus menjaga pola hidup yang sehat, mulai dari asupan makanan dan minuman yang benar, menghindari minuman yang beralkohol, dan tentunya berolahraga.

Demikian itulah beberapa informasi kesehatan seputar sakit amandel yang bisa kami share melalui Tenggorokan.COM.Pada kesempatan berikutnya akan kita bahas obat sakit amandel insaallah dan  Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon