Apa Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Yang Bagus Dan Efektif

Loading...
loading...
Merasakan tenggorokan sakit saat menelan ludah memang bukan hal baru. Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Terutama dalam kondisi badan kurang fit atau kurang istirahat, hal ini kemungkinan besar akan lebih mudah terjadi.

Berbagai hal yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan ludah mulai dari gejala suatu penyakit lain yang akan menyerang, atau memang ada masalah yang terjadi pada sistem tenggorokannya. 

Apa Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Yang Bagus Dan Efektif  ?

Apa Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Yang Bagus Dan Efektif
Sebagaimana penyebabnya, obatnya pun tentu bermacam-macam, mulai dari pengobatan alami yang dapat dengan mudah kita buat sendiri di rumah hingga obat-obatan yang telah disediakan warung terdekat atau apotek.

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

1. Sebagai Gejala Flu
Tenggorokan sakit saat menelan dan demam Salah satu adalah gejala flu yang paling umum terjadi . biasanya  keringnya tenggorokan, suara berubah serak, hingga terasa sakit saat menelan ludah. Apabila tenggorokan sakit saat menelan ludah yang dirasakan sebagai sebuah gejala flu, maka tidak akan lama setelahnya akan diiringi pula dengan demam atau batuk-batuk. Namun tentu saja demam dan batuknya dalam taraf wajar sebagaima biasa seseorang yang terserang flu.
Flu biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari setelah melakukan istirahat yang cukup dan banyak minum air putih. Seiring dengan sembuhnya flu, maka tenggorokan sakit saat menelan ludah yang dialami pun akan lebih cepat menghilang.

2. Radang
Sakit saat menelan awas radang tenggorokan ? ya . Jika tenggorokan sakit saat menelan ludah yang dirasakan diiringi perasaan menggigil dan terjadi pembengkakan di kelenjar leher, maka hal ini bisa terjadi karena orang tersebut menderita radang tenggorokan. Radang tenggorokan pun bukan termasuk kategori penyakit yang berbahaya, namun tentu saja jika dibiarkan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.
Radang tenggorokan biasanya terjadi dengan dua gejala, yakni perasaan sakit saat menelan atau rasa perih yang ditimbulkan serasa kondisi tenggorokan sangat kering dan terdapat luka di dalamnya. Kedua hal ini merupakan sama-sama gejala radang tenggorokan.

3. Amandel
Amandel atau radang tonsil memiliki gejala paling jelas diantara penyebab sakit tenggorokan lainnya. Jika merasa tenggorokan sakit saat menelan ludah karena flu dan radang tenggorokan lebih cenderung pada perasaan sakitnya, maka ketika radang tonsil terjadi, jelas akan menimbulkan pembengkakan tonsil di sekitar tenggorokan.
Periksalah seseorang yang merasa sakit tenggorokan dengan membuka mulutnya lebar-lebar kemudian perhatikan amandelnya yang terlihat berbentuk seperti gua setelah deretan gigi menuju tenggorokan. Jika di sana terdapat pembengkakan atau terlihat bercak-bercak putih, maka kemungkinan besar orang tersebut terkena radang tonsil atau amandel.

Pengobatan amandel sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung tingkat peradangannya. Ada yang bisa diobati dan kembali normal (tidak mengalami pembengkakan) hanya dengan tidak mengonsumsi makanan tertentu untuk jangka waktu yang telah ditentukan, pengobatan dengan resep dokter, hingga operasi pengangkatan amandel.

Namun jangan khawatir, karena sekalipun harus terjadi operasi, hal ini tergolong operasi kecil yang hanya memakan waktu sekitar tiga puluh menit. Akan tetapi setelah dilakukan operasi, bukan berarti pembengkakan dan radang tonsil tidak akan terjadi lagi. Pasien radang tonsil setelahnya tetap harus tetap malakukan perawatan dan penjagaan terhadap kondisi tenggorokannya seperti dengan tidak terlalu sering mengonsumsi es dan makanan bertekstur dingin lainnya, atau menjauhi segala hal yang mengandung msg akan menjadikan keadaan badan dan tenggorokan menjadi lebih sehat.

Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Obat paling umum untuk tenggorokan sakit saat menelan ludah adalah ibuprofen dan paracetamol yang keduanya memang memiliki kandungan penahan rasa sakit dan mencegah keadaan tubuh menjadi menggigil. Banyak obat yang mengandung ibuprofen dan paracetamol mulai dari khusus untuk nyeri tenggorokan hingga yang terkandung dalam obat flu. Selain itu, minuman mengandung vitamin C sebagai obat panas dalam yang sering diiklankan di televisi pun bisa dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan yang paling mudah dan praktis. Manfaatnya pun bukan sekadar yang diiklankan.
Namun, di bawah ini adalah beberapa obat tradisional untuk tenggorokan sakit saat menelan ludah yang disarankan dan cukup ampuh.

1. Lemon
Sari lemon sangat cocok untuk pengobatan sakit tenggorokan dan panas dalam. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam lemon efektif membunuh bakteri, meringankan luka dan radang, serta tentu saja menambah daya tahan tubuh.
Peraslah lemon dan seduh airnya dengan segelas air panas untuk dikonsumsi dua kali sehari selama masa pengobatan. Jika ingin ditambah perisa manis, maka sebaiknya gunakanlah madu alami dan hindari gula. Selain diperas airnya kemudian diseduh, lemon juga bisa digunakan sebagai infused water dengan menenggelamkan irisan buahnya di dalam sebotol air dingin dan biarkan rasa asamnya meresap. Gunakan untuk kegiatan sehari-hari sebagai penjaga daya tahan tubuh.

2. Madu
Sebagaimana disebutkan di atas, perpaduan lemon dan madu adalah hal yang baik untuk mengobati tenggorokan sakit saat menelan dan menguap. Namun selain digunakan bersama lemon, madunya saja pun bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan secara alami.
Konsumsilah madu asli dua sampai tiga kali sehari masing-masing sebanyak satu hingga dua sendok makan selama masa pengobatan, untuk kemudian dilanjutkan menjadi dua kali dalam sehari yakni setiap pagi dan sore sebagai suplemen penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan otak.
Selain dikonsumsi langsung, madu yang diseduh dengan air hangat atau dicampur ke dalam berbagai makanan dan minuman favorit pun tidak akan mengurangi kandungan dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Namun sebagai pengobatan sakit tenggorokan yang utama, madu alami yang diseduh dengan air hangat memang menjadi yang terbaik.

3. Daun Mint
Tanaman tradisional lainnya yang menjadi obat sakit tenggorokan adalah daun mint. Kandungan bermanfaat dan rasa hangat yang dihasilkan daun mint dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tenggorokan. Rebuslah beberapa lembar daun mint dengan dua gelas air. Angkat ketika sudah mendidih dan konsumsi dua kali sehari dalam keadaan masih hangat. Sebagai perasa boleh dicampur madu.

Makanan yang Harus Dihindari Ketika Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah


Beberapa makanan tertentu seringkali mengakibatkan tenggorokan yang sakit semakin parah, bahkan menimbulkan peradangan lebih lanjut, oleh karena itu beberapa makanan di bawah ini perlu dihindari selama mengalami sakit tenggorokan.

1. Makanan pedas yang akan memberikan efek panas ke tenggorokan, seperti mie dan baso dengan cita rasa pedas
2. Es dan minuman lainnya yang bersuhu dingin. Hal ini bisa mengakibatkan peradangan di tenggorokan sulit pulih serta memungkinkan menambah rasa serak di tenggorokan
3. Rokok dan alkohol tidak hanya harus dihindari saat sakit tenggorokan. Sejatinya keduanya mengakibatkan efek buruk bagi tubuh mulai dari tenggorokan, paru-paru, usus, hingga jantung.
Selain beberapa hal di atas, untuk menghindari resiko lebih lanjut ketika tenggorokan sakit saat menelan ludah maka tentu saja sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapat solusinya. Semoga bermanfaat.! Salam dari Tenggorokan.COM

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon