Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan Makanan Dan Ludah dengan Cepat

Loading...
loading...
Tenggorokan sakit saat menelan terutama ketika bangun tidur bisa jadi dialami hampir oleh semua orang. Meskipun hal ini memang umum terjadi, namun bukan berarti boleh dibiarkan begitu saja karena tentu saja akan mengganggu aktifitas sehari-hari.Terutama bagi yang banyak menggunakan peranan suara dalam menjalani hari-harinya seperti presenter, penyiar radio dan penyanyi, tenggorokan sakit saat menelan atau gangguan tenggorokan yang lainnya tentu merupakan satu hal yang tidak bisa dianggap enteng. Begitu pun untuk yang lainnya, karena tenggorokan dan suara sangatlah penting. Bayangkan saja jika seorang manajer pemasaran mengalami sakit tenggorokan di saat dirinya harus melakukan presentasi, maka hal ini akan sangat mengganggu baik bagi kesehatan maupun untuk kariernya.

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan Makanan Dan Ludah dengan Cepat

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan Makanan Dan Ludah dengan Cepat
Nah, di bawah ini adalah beberapa tips mengatasi tenggorokan sakit saat menelan dan gejala lain yang menjadi indikasi adanya gangguan pada tenggorokan seseorang. Namun sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu apa saja penyebab sakitnya tenggorokan.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan dan Penyebabnya


1. Kurang Konsumsi Air Putih
Penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang paling sederhana adalah kurangnya mengonsumsi air putih sehingga terjadi rasa kering hingga panas pada tenggorokan. Air putih sangat baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, aliran darah hingga pencernaan. Oleh karena itu konsumsilah air putih minimal dua liter atau kurang lebih delapan gelas sehari sehingga kita bisa terhindar dari sakit tenggorokan hingga berbagai penyakit lebih serius lainnya.

2. Kurang Istirahat
Begadang sepanjang malam juga bisa jadi merupakan salah satu penyebab tenggorokan sakit saat menelan. Sebagaimana mesin yang akan rusak jika digunakan terus-menerus, begitu pun tubuh seseorang. Oleh karena itu sangat dianjurkan demi kesehatan tubuh dan pikiran agar manusia mengistirahatkan tubuhnya minimal enam jam dalam sehari untuk tidur.
Tubuh yang kurang istirahat lebih mudah terserang penyakit bahkan dibanding tubuh yang kelaparan. Kurangnya istirahat bisa mengakibatkan sakitnya tenggorokan hingga timbulnya radang, keleyengan atau pusing yang menyerang kepala hingga anemia atau hipertensi, rasa lemas dan berbagai penyakit lainnya.

3. Makanan Pedas
Makanan bercita rasa pedas merupakan salah satu penyebab sakit tenggorokan paling utama. Rasa panas yang ditimbulkan dari cabe menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan. Selain itu, untuk dampak berkelanjutannya, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas pun bisa mengakibatkan panas dalam, radang tenggorokan, maag, diare, hingga berbagai gangguan pencernaan lainnya.

Wajar jika seseorang menyukai pedas dan sesekali mengonsumsinya, namun jangan sampai menjadikannya kebiasaan sehingga berlebihan dan menimbulkan penyakit. Selain itu berhati-hatilah pada makanan yang bercita rasa pedas dari sumber atau bahan-bahan yang tidak dapat dipercaya kebersihan dan kesehatannya. Dewasa ini banyak yang saus yang menyuguhkan cita rasa pedas namun dibuat dari bahan-bahan yang tidak berkualitas. Berhati-hatilah dalam memilih, karena jika kita mengonsumsi pedas yang berasal dari bahan-bahan tidak berkualitas bisa saja menimbulkan masalah yang lebih besar untuk organ tubuh kita mulai dari gangguan pencernaan instan hingga kerusakan organ secara permanen.

4. Minuman Dingin
Tahukah bahwa para penyanyi yang apik merawat suaranya sangat menghindari minuman dingin? Ya, karena minuman dingin merupakan salah satu penyebab tenggorokan sakit saat menelan dan gangguan tenggorokan lainnya. Para penyanyi yang mengandalkan suaranya tentu saja sangat menghindari segala hal yang menyebabkan gangguan pada suara, termasuk minuman dingin.

Meskipun tidak perlu berlebihan seperti yang dilakukan para penyanyi hingga tidak mengonsumsi minuman dingin sama sekali, kita cukup menjaga kesehatan tenggorokan dengan mengontrol atau membatasi mengonsumsi minuman dingin dalam kegiatan sehari-hari kita. Bagaimana pun segala hal yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

5. Rokok dan Minuman Beralkohol
Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok dan minuman beralkohol adalah salah satu perusak paling besar untuk sistem organ tubuh kita. Untuk rokok sendiri, sudah cukup banyak iklan layanan masyarakat yang memperlihatkan akibatnya jika dikonsumsi oleh tubuh kita termasuk kanker tenggorokan hingga rusak dan hilangnya kemampuan bicara seseorang.

Dalam kasus lebih ringan, merokok tentu saja sangat berpotensi untuk menjadi sebab terganggunya kesehatan tenggorokan seseorang. Sedangkan minuman beralkohol, rasa panas yang terkandung di dalamnya bahkan mampu membakar organ dalam tubuh jika sudah mencapai batasnya.
Baca juga : Obat Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

4. Obat Alami Atasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan

obat alami tenggorokan sakit saat menelan penting bagi and yang mengalaminya saat ini nah untuk itu silahkan baca beberapa cara alami hilangkan tenggorokan sakit ketika menelan apa saja :

1. Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan dengan bantuan Air Putih
Jika salah satu penyebab tenggorokan sakit saat menelan adalah kurangnya konsumsi air putih, maka obatnya tentu saja dengan banyak mengonsumsi air putih. Rajin-rajinlah minum terutama saat bangun dan menjelang tidur agar tubuh tidak kekurangan cairan dan tenggorokan tidak menjadi kering sehingga menimbulkan rasa sakit.

2.Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan pakai Madu
Konsumsilah madu secara rutin untuk menjaga kesehatan secara umum. Madu terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara nyata. Dan kalau hanya untuk mengobati rasa sakit pada tenggorokan tentu saja bukan menjadi suatu masalah.
Seduhlah dua sampai tiga sendok makan madu alami dengan segelas air hangat kemudian minum secara teratur dua hingga tiga kali dalam sehari selama masa pengobatan sakit tenggorokan. Jika sudah sembuh rasa sakitnya, maka lanjutkan mengonsumsi madu setiap dua kali sehari pada pagi dan sore hari guna meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari virus penyakit yang menyebar di lingkungan.

3. Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan dengan Seduhan Teh Hijau
The Almighty Tea, begitu orang-orang menggelarinya saking banyaknya manfaat yang terkandung pada teh hijau. Mengonsumsi teh hijau sehari-hari dengan diiringi berolah raga teratur dipercaya bagai menabung kesehatan diri.
Untuk pengobatan sakit tenggorokan sendiri, konsumsilah teh hijau dengan menyeduhnya seperti biasa dan nikmati pada pagi dan sore hari sebagai minuman teman santai. Namun tidak disarankan untuk mengonsumsinya memakai gula, jika membutuhkan perisa manis maka cobalah madu sebagai kombinasinya agar lebih sehat.

4.Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan Gunkan Daun Mint
Selain madu dan teh hijau, obat herbal untuk mengatasi sakit tenggorokan dan gangguan tenggorokan lainnya adalah daun mint. Kandungan rasa hangat yang terdapat pada daun mint menjadi penawar sakit dan perih pada tenggorokan.

Jika terdapat daun mint di halama rumah, maka selain sebagai penghias makanan gunakanlah sebagai obat pereda sakit tenggorokan dengan menjadikannya sebagai bahan teh. Rebuslah beberapa lembar daun mint ke dalam dua gelas air putih. Tunggu hingga matang lalu konsumsi tanpa gula sebagaimana menggunakan pengobatan teh hijau seperti keterangan sebelumnya.

Namun jika tidak ada daun mint, maka daun kemangi bisa dijadikan alternatif dalam pengobatan ini karena pada dasarnya baik daun mint maupun daun kemangi memiliki sifat hangat yang sama untuk mengobati rasa gatal, sakit dan peradangan yang terjadi di dalam tenggorokan.
Baca juga :Nama Obat Antibiotik Untuk Radang Tenggorokan Pada Anak dan Orang Dewasa di Apotik
Itulah beberapa penyebab dan tips mengatasi tenggorokan sakit saat menelan. Semoga bermanfaat dan memberikan peranan lebih dalam menjaga kesehatan untuk tubuh kita. Jangan lupa kunjungi Tenggorokan.COM lagi ya .

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon