Apa Makanan Penyebab Amandel, Bengkak, Meradang, Membesar Kambuh

Loading...
loading...
Ada dua jenis radang amandel, sakit amandel, tonsil atau sakit tonsillitis yakni yang akut dan yang kronis. Penderita radang amandel akut seringkali merasa sakit dalam satu minggu. Berbeda dengan penderita sakit radang amandel kronis yang bahkan bisa mengalami amandel kambuh sebanyak 5 kali setiap tahunnya. Memang, Penyebab Amandel tak lain tak bukan adalah infeksi virus, bakteri atau kuman lainnya di area amandel. Sakit ini seringkali menjangkiti anak-anak pada usia tertentu. Namun, anda tidak perlu kuatir sebab penyakit ini jika masih ringan, bisa diobati di rumah dengan bahan alami yang cukup mudah dilakukan. Tetapi, pada penderita kronis yang sudah benar-benar parah, jalan terakhir untuk menghilangkan amandel adalah dengan melakukan operasi pengangkatan amandel.

Apa Makanan Penyebab Amandel, Bengkak, Meradang, Membesar Kambuh

Apa Makanan Penyebab Amandel, Bengkak, Meradang, Membesar Kambuh
Amandel bisa bengkak, terasa sakit, meradang dan membesar. Bagi penderita penyakit kronis, bisa saja amandel menjadi kambuh lebih mudah. Walaupun penyebabnya adalah infeksi virus atau bakteri, tetapi pemicunya bisa karena makanan. Berikut beberapa makanan Penyebab Amandel bisa bengkak, meradang dan membesar atau kambuh:

1. Makanan terlalu pedas
Memang makanan yang pedas selalu bisa meningkatkan nafsu makan. Sehingga, seseorang yang malas makan ketika menyantap makanan dengan sambal, maka ia bisa menghabiskan makanan tersebut. Manfaat lain dari makanan pedas adalah menghilangkan sakit kepala serta menyembuhkan sariawan dengan cepat. Tetapi, makanan yang terlalu pedas menjadi pemicu Penyebab Amande termasuk pada anak dan orang dewasa. Untuk itu, perhatikan agar anak tidak terlalu sering makan makanan pedas. Sebab, jika tidak tahan dengan rasa pedasnya, maka bisa meningkatkan asam lambung hingga ke tenggorokan. Dalam kondisi demikian, sakit tenggorokan atau sakit amandel bisa muncul.

2. Terlalu sering makan makanan kaleng
Makanan kaleng merupakan makanan instan atau cepat saji. Makanan ini benar-benar tidak bagus untuk dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak. Makanan tersebut juga dilengkapi dengan bahan pengawet, sehingga bisa tahan lama dan tidak basi. Dengan memakan makanan kaleng terlalu sering, tubuh mendapatkan banyak asupan makanan yang kurang nutrisi dan bahan pengawet bisa menumpuk dalam tubuh. Selain tidak memberikan vitamin dan gizi dalam jumlah banyak, makanan kaleng dapat menjadi Penyebab Amandel kambuh.

3. Terlalu sering makanan makanan yang digoreng
Makanan apapun yang digoreng memang tampak lezat dan menggugah selera apalagi saat gerimis datang dengan cuaca yang dingin. Memang, makan makanan yang digoreng tidak baik untuk kesehatan apalagi jika dikonsumsi terlalu sering. Sah-sah saja jika ingin membuat makanan atau camilan yang digoreng, tetapi harus tetap diimbangi dengan sayur sayuran yang merupakan sumber serat agar mencegah munculnya amandel. Sebab, jika tanpa sayur-sayuran, maka makanan yang digoreng akan lebih mudah menjadi Penyebab Amandel. Agar amandel yang muncul tidak semakin buruk, pastikan jika anak berhenti mengkonsumsi makanan yang digoreng.

4. Makanan yang kurang vitamin C
Ada banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E dan juga Vitamin K. Masing-masing memiliki peran sendiri-sendiri. Tetapi, jika amandel yang muncul, maka Penyebab Amandel adalah karena makanan yang dikonsumsi kurang vitamin C. Untuk anak dan orang dewasa, dianjurkan agar sering mengkonsumsi jeruk, strawberry, kiwi, jambu dan anggur. Semua buah-buahan tersebut kaya dengan vitamin C yang dapat mencegah amandel atau menyembuhkannya.

5. Makanan yang mengandung penyedap makanan terlalu banyak
Penyedap makanan tidak hanya membuat makanan beraroma harum dan terasa sedap karena sangat gurih dan asin. Namun, jika terlalu sering menambahkan penyedap makanan di setiap makanan anda, sudah pasti dapat menjadi Penyebab Amandel.

6. Mengkonsumsi makanan tanpa sayur dan buah
Lengkapi hari-hari anda dengan menyajikan menu makanan yang dilengkapi dengan sayur dan buah. Sayur dan buah sangat penting sebagai sumber vitamin dan nutrisi untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan nutrisi, maka sudah pasti asupan gizi yang dibutuhkan berkurang. Dalam kondisi demikian, anda akan merasa mudah lelah, badan tampak tidak segar dan sering tidak fit sehingga mudah terserang berbagai virus dan bakteri Penyebab Amandel. Seseorang yang sering menyantap sayur dan buah, maka daya tahan tubuhnya tetap bagus sehingga dapat terlindungi dari berbagai masalah kesehatan.

7. Makanan yang terlalu asam
Makanan Penyebab Amandel bengkak lainnya adalah makanan yang terlalu asam. Makanan yang terlalu asam akan menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan sehingga memicu adanya iritasi di dalam tenggorokan yang juga bisa menjalar hingga ke amandel. Untuk itu, anda harus menghindari makanan terlalu asam terlalu sering jika tidak ingin memiliki masalah dengan radang amandel.

8. Makanan atau minuman terlalu dingin
Jika amandel sedang kambuh, sebaiknya tidak minum atau makan yang terlalu dingin seperti ice cream atau lainnya terlalu sering. Boleh, tapi hanya sekali saja guna meringankan rasa sakit tenggorokan. Tetapi jika terlalu sering, maka bisa menyebabkan iritasi di area amandel menjadi semakin parah.

9. Makanan kurang bersih
Jangan biasakan anak suka jajan di pinggir jalan atau tempat lainnya di luar rumah yang kurang bersih, apalagi jika makan di tempat termasuk piring dan sendok yang disediakan oleh pedagang tersebut. Kita tidak tahu apakah pelanggan sebelumnya mengalami radang amandel atau tidak. Sebab, makanan yang kurang bersih juga peralatan makanan yang sudah terkontaminasi oleh penderita amandel bisa menjadi Penyebab Amandel meradang. Hal ini dikarenakan penyakit amandel bisa menular.
Selain semua makanan tersebut, kekurangan air putih juga bisa menjadi Penyebab Amandel membesar. Air putih sangat membantu banyak hal untuk tubuh. Air putih dibutuhkan untuk menjaga stamina karena semua organ dalam tubuh membutuhkan air. Tanpa air, maka tubuh terasa lelah, loyo dan tidak bertenaga. Sehingga, dalam kondisi tersebut seseorang akan lebih mudah terserang berbagai penyakit terutama dari serangan virus dan bakteri. air putih juga dibutuhkan untuk tubuh sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh. Seseorang yang sering mengkonsumsi air putih, maka daya tahan tubuhnya bisa meningkat karena semua organ tubuh bekerja dengan baik sebab tidak kekurangan air sebagai bahan bakarnya. Saat radang amandel muncul, air putih dibutuhkan untuk menetralisir virus atau bakteri dalam mulut, sehingga dapat dijadikan cara untuk mengurangi pembengkakan, peradangan dan juga mencegah penyakit tersebut untuk kambuh lagi.

Penyebab lainnya yang membuat amandel bengkak hingga meradang dan membesar juga kambuh adalah dikarenakan kurang menjaga kebersihan ketika hendak makan, sehingga makanan yang semula baik menjadi terkontaminasi virus dan bakteri. Oleh karena itu, anda harus membiasakan diri untuk mencuci bersih kedua tangan saat hendak makan, tidak mencampur peralatan makanan anak dengan yang lain. Itulah informasi lengkap tentang makanan yang dapat menyebabkan amandel membengkak, meradang, membesar dan terus kambuh. Jika amandel terus membesar dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan bantuan medis guna menghindari komplikasi kesehatan yang serius. Demikianlah artikel kesehatan tentang sebab-sebab amandel dari Tenggorokan.Com semoga saja manfaat buat anda semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon